Tampilan plantage.id

Industri perkebunan saat ini tidak hanya diisi oleh generasi baby boomer namun mulai bergeser ke generasi X dan generasi Millenial yang umurnya lebih muda. Generasi tersebut sangat responsif terhadap perubahan teknologi di seluruh lini kehidupan termasuk pada bidang bisnis dan teknologi. Masalah perkebunan yang dulunya terkesan rumit telah menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi yang mempermudah terutama pada era revolusi industri 4.0. Drone untuk mapping, internet of thing (IOT), otomatisasi merupakan contoh dari inovasi teknologi yang membantu industri perkebunan.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kebutuhan perkebunan di masa mendatang tidak lagi akan terhambat oleh keterbatasan jarak dan waktu. Kebutuhan sarana produksi serta permintaan jasa pelayanan untuk industri perkebunan akan semakin mudah diakses oleh pelaku usaha perkebunan dimana pun dan kapanpun dengan adanya dukungan marketplace digital seperti halnya aplikasi yang sudah ada saat ini membantu kebutuhan rumah tangga.

Merespon perkembangan transaksi digital tersebut, PT RPN telah meluncurkan marketplace untuk mendukung kebutuhan industri perkebunan, yaitu plantage.id pada Selasa (9/2/2021). Marketplace plantage.id berbasis website ini menghubungkan pelaku usaha baik perusahaan (B2B) atau perorangan (B2C) dengan produk/jasa perkebunan. Plantage.id memiliki keunggulan yaitu menyediakan produk hulu hingga hilir serta jasa pelayanan dan laboratorium bagi petani maupun perusahaan, sehingga konsumen dapat langsung bertransaksi maupun konsultansi dengan tenaga ahli. Dengan adanya plantage.id, diharapkan inovasi perkebunan yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti terbaik di PT RPN dapat menjangkau seluruh stakeholders perkebunan di seluruh pelosok negeri dan di saat kapanpun.

Acara peluncuran plantage.id diselenggarakan melalui Zoom Conference, Youtube Live, dan Facebook Live dengan jumlah peserta sekitar 750 orang. Acara dibuka oleh Direktur Utama PTPN Holding, Mohammad Abdul Ghani yang sekaligus meresmikan launching plantage.id dan Keynote Speech dari Ibu Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian RI, Musdalifah Machmud. Acara juga dilengkapi dengan talkshow interaktif dengan tema JAPRI-Bun (Jawaban Problem dan Informasi Perkebunan) yang menghadirkan Narasumber yaitu Direktur PT RPN (Iman Yani Harahap), VP Corporate Services TaniHub (Astri Purnamasri), dan Social Media Specialist (Dinda Senja Astri).

Penulis:
Andre Dani Mawardhi, SP

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda