PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) Siap Kembali Menjadi Tuan Rumah Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-12

0
38

Setelah sempat menjadi tuan rumah KKSI ke-IX pada tahun 2017 yang lalu, saat ini PT RPN kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan KKSI yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) yang diagendakan pada tanggal  23 Oktober 2020. Acara tersebut diagendakan dilaksanakan di Kantor Direksi PT RPN.

Ada sedikit perbedaan pada penyelenggaraan event KKSI ke-12, sebelumnya kegiatan KKSI mendatangkan langsung juri-juri internasional untuk datang ke Indonesia dan menilai kopi yang masuk ke babak final. Saat ini kopi-kopi tersebut akan dikirim ke asal negara Juri Internasional tersebut dan pada saat bersamaan akan dinilai oleh Juri Nasional dengan cara/metode live streaming dan akan disiarkan oleh Panitia dan dapat ditonton oleh seluruh pecinta kopi di Indonesia melalui live streaming Youtube.

Meskipun event KKSI ke-12 diselenggarakan ditengah pandemi COVID-19, animo para petani/pelaku usaha untuk mengikuti event ini masih sangat tinggi. Kegiatan ini menjadi ajang yang bergengsi untuk meningkatkan harga jual kopi dan dapat membanggakan asal kopi daerah peserta masing-masing.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) yang merupakan salah satu Pusat Penelitian yang merupakan unit kerja dari PT RPN adalah instansi yang mendapatkan kesempatan untuk menyeleksi awal kopi-kopi yang berpartisipasi dalam event ini. Peserta yang mengirimkan sampel kopi untuk diseleksi pada tahun ini cukup membludak yakni hampir mencapai angka 500 sampel kopi (dari berbagai daerah) di Indonesia. Nantinya akan terpilih 5 besar jenis Robusta dan Arabika sebagai pemenang kontes specialty.

Selanjutnya seiring dengan event KKSI ke-12, PT RPN dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) akan mengadakan Pelatihan Kopi Terlengkap (Hulu dan Hilir) dengan materi berupa:

  1. Manajemen Kebun serta Pengolahan Kopi Tepat dan Efektif,
  2. Teknik Penyajian Kopi (Roasting dan Barista)
  3. Tips dan Trik untuk menjadi peserta KKSI pada tahun mendatang, serta
  4. Edukasi tentang menambah imunitas kopi.

Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para petani/pelaku usaha kopi untuk dapat meningkatkan kualitas kopinya dan siap untuk berpartisipasi dalam event KKSI pada tahun mendatang.

Foto Event KKSI 2017
Sample Kopi Peserta yang Masuk ke PPKKI dan akan masuk proses seleksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda