Sukses menjadi Pengusaha Kopi melalui Virtual Class Pelatihan Kopi

0
91

Beberapa bulan belakangan ini telah marak berbagai instansi/asosiasi mengadakan kegiatan pelatihan dengan konsep berupa webinar, virtual class, maupun berbagai istilah lainnya agar dapat menarik calon peserta untuk dapat berpartisipasi. Namun ada yang menarik dan sesuatu yang berbeda dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Riset Perkebunan Nusantara bersama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2020. Pelatihan tersebut berjudul Virtual Class Pelatihan Kopi: Barista, Café Management, dan Uji Citarasa Kopi bersama dengan Maestro Kopi Indonesia Bapak Yusianto yang berasal dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Virtual Class Pelatihan Kopi ini dibuka oleh SEVP Operation II  PT RPN Bapak Misnawi dan ditutup oleh SEVP Operation I Bapak Tjahyono Herawan.

Peserta yang mendaftar dalam pelatihan tersebut akan mendapatkan beberapa complimentary berupa alat manual brewing, 22 kopi asal Indonesia (Arabika dan Robusta), seragam peserta, sertifikat, dan panduan pelaksanaan virtual class tersebut yang dikirim ke masing-masing alamat peserta. Penyelenggara juga membatasi jumlah peserta yang berpartisipasi dengan maksimal sebanyak 20 peserta agar berjalan dengan efektif dan peserta dapat bertanya lebih detail kepada narasumber. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berasal dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, pelaku usaha kopi, sampai dengan kalangan pelajar/mahasiswa.

Hari pertama virtual class pelatihan kopi, topik yang dibahas diantaranya adalah pengenalan bahan baku kopi dan mengenal tentang berbagai rasa dalam kopi Indonesia. Sedangkan pada Hari kedua, topik yang dibahas adalah Manajemen Café, Pemasaran Produk, Design Produk, dan Teori dan Praktik tentang Brewing, Blending, dan Decorating.

Untuk meningkatkan antusias peserta dalam virtual class, PT RPN memberikan hadiah berupa uang tunai dalam games yang diadakan setiap harinya, hari pertama dengan Uji Citarasa Kopi dan hari kedua dengan pembuatan desain produk kopi oleh masing-masing peserta. Untuk peserta yang belum beruntung memenangkan perlombaan tersebut, panitia memberikan hadiah spesial untuk para peserta yang aktif dalam diskusi. Total hadiah yang diberikan panitia untuk peserta mencapai 3 Juta Rupiah.

Rencananya kegiatan virtual class pelatihan kopi selanjutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2020. Bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan selanjutnya dapat memantau informasi lebih lanjut di media sosial PT RPN melalui Instagram/Facebook (rpn.id).

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda