Hevea Seal Mampu Mengurangi Kebocoran Gas

0
186

Sobat Perkebunan, mungkin kita pernah mencium bau gas LPG yang bocor dan setelah dibongkar pasang selang regulator dari tabungnya masih tetap tercium bau kebocoran juga. Salah satu permasalahan pada kebocoran gas adalah karena rubber seal/ cincin karet pada gas LPG memiliki mutu yang kurang baik sehingga dapat menyebabkan ledakan dan kebakaran jika tidak ditangani secara cepat dan benar.  Secara umum fungsi dari rubber seal/ cincin karet  adalah untuk perapat pada katup tabung LPG pada saat regulator dipasang dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran gas pada waktu pengisian atau penggunaan tabung LPG, serta untuk memperkuat kedudukan regulator. Seal gas yang baik harus memenuhi persyaratan SNI yaitu SNI 7655: 2010 yang sudah diberlakukan secara wajib sesuai Peraturan Menteri Perindustrian No: 84/M-IND/PER/9/2015 .

Berangkat dari banyaknya kasus kebocoran gas yang menyebabkan keresahan pada masyarakat Hani Handayani, MSi, dan tim peneliti di Balai Penelitian Teknologi karet (BPTK) Bogor melakukan penelitian untuk inovasi kart seal tabung LPG dengan memproduksi “Hevea Seal” sejak tahun 2015 melalui insentif dari Kementerian Riset dan Teknologi dan saat ini sedang didanai oleh Kementerian Keuangan melalui insentif RISPRO (Riset Inovatif Produktif) LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Merek Hevea Seal sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM dengan no. IDM000715457. Secara umum Hevea Seal Gas mengandung campuran karet alam sehingga secara fisik lebih elastis namun mutunya tetap memenuhi persyaratan di dalam SNI. Formula Hevea Seal yang menggunakan karet alam ini telah berhasil dipatenkan dengan no. IDS000002412. Umur pakai dari Hevea Seal ini juga lebih lama dibandingkan karet seal lain yang ada di pasaran.


Hani Handayani, MSi, peneliti di Balai Penelitian Teknologi karet (BPTK) Bogor

Berdasarkan hasil uji umur pakai yang telah dilakukan, Hevea Seal dapat dipakai hingga 54 hari, namun untuk keamanan pengguna dianjurkan hanya sekali pakai. Hevea Seal gas ini dibandrol dengan harga 5.000/pack, 1 pack isi 6 pcs berwarna-warni. Konsumen bisa membeli langsung lewat website BPTK atau melalui reseller BPTK yang sudah ada di beberapa kota dan sudah menjual di beberapa market place. Hevea Seal gas saat ini masih dalam tahap uji pasar retail, saat ini dibuat 5.000 pack untuk dilepas ke pasaran. Data hasil penjualan akan menjadi pertimbangan dalam membuat bisnis plan ke depannya.

Penggunaan rubber seal dengan campuran karet alam dapat menghemat penggunaan gas LPG karena mencegah difusi gas LPG keluar tabung, dengan demikian secara ekonomi sangat menguntungkan bagi masyarakat pengguna gas LPG khususnya untuk kebutuhan rumah tangga. Rencana Hevea Seal gas ke depan adalah memperluas pasar dengan mencoba memasukkan Hevea Seal ke pasar retail, grosir atau mini market sehingga mudah ditemui, serta mendiseminasikan secara luas agar masyarakat kenal dengan produk kami dan juga agar masyarakat aman ketika menggunakan gas LPG. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan karet seal yang memenuhi mutu SNI sangat penting agar bisa meminimalisir kejadian kebocoran gas LPG dan pada akhirnya menjamin keselamatan pengguna gas LPG.

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda