Mengenal Ganoderma Yang Bermanfaat

0
274

Berbagai spesies Ganoderma dikenal sebagai patogen penyakit yang ganas pada beberapa komoditas perkebunan penting. Sebut saja Ganoderma philippii yang menyebabkan penyakit akar merah pada karet dan teh. Spesies lain yang menjadi musuh utama pekebun kelapa sawit adalah G. boninense yang menyebabkan penyakit busuk pangkal batang terutama saat peremajaan. Tidak hanya G. bononense, beberapa jenis lain seperti G. chalceumG. colossusG. fornicatumG. miniatocinctumG. pediforme, dan G. tornatumjuga pernah dilaporkan menyerang kelapa sawit dan menimbulkan penyakit yang serupa.

Penyebaran penyakit oleh jamur-jamur yang disebutkan tadi tergolong cepat baik melalui kontak akar tanaman sakit dengan tanaman sehat maupun basidiospora. Gejala pada tanaman sakit sulit teridentifikasi sejak dini dan baru nampak setelah kejadian sudah cukup parah yang ditandai dengan munculnya tubuh buah berbentuk seperti kipas pada batang tanaman.

Namun selain sebagai patogen penyakit, terdapat jenis Ganoderma yang memiliki manfaat kesehatan bagi manusia, yakni G. lucidum. Jamur ini telah digunakan selama ribuan tahun di Cina sebagai ramuan obat-obatan tradisional yang memiliki sejumlah khasiat. G. lucidummemiliki nama lain di beberapa negara seperti Lingzhi (Cina), Reishi (Jepang), dan Youngchi (Korea). Jamur ini juga disebut sebagai “Raja Herbal” karena khasiatnya yang bahkan dianggap melebihi ginseng.

G. lucidum memiliki berbagai kandungan termasuk zat anti oksidan yang baik bagi tubuh. Cara penyajiannya secara tradisional adalah diseduh dengan air panas atau sebagai sup. Dewasa ini, bentuk ekstrak (cairan, kapsul, atau bubuk) dari jamur ini sudah tersedia di pasaran. Beberapa produsen juga menjual sebagai kopi Ganoderma.

Mencegah Kanker. Kanker merupakan penyakit ganas yang banyak diderita oleh manusia. Meminum kopi Ganoderma dipercaya dapat menekan perkembangan sel kanker. Penelitian telah mengungkap peran G. lucidum dalam mencegah pembentukan sel kanker payudara.

Mengobati Infeksi Saluran Kencing. Infeksi saluran kencing umumnya disebabkan oleh bakteri dengan gejala nyeri pada saat kencing, sakit pada daerah bawah perut, dan demam tinggi. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 150-300 mg ekstrak G. lucidum sebanyak 2-3 kali per hari dpat menyembuhkan infeksi tersebut.

Mencegah gejala Parkinson. Parkinson merupakan kondisi kelainan yang kebanyakan menjangkiti orang tua sehingga menyebabkan susah berjalan, kehilangan keseimbangan dan koordinasi badan, dan anggota badan bergetar tanpa dapat dikontrol. Sebuah studi di Cina menemukan bahwa G. lucidum dapat membantu melawan penyakit Parkinson. Jamur ini memiliki khasiat mencegah degenerasi sel saraf.

Insomnia dan Kelelahan. Meminum kopi Ganoderma dipercaya berkhasiat agar tidur lebih lama dan nyenyak sehingga cocok bagi penderita insomnia. Riset mengungkap bahwa ekstrak G. lucidum dapat menstimulasi tidur. Selain itu, mengonsumsi ekstrak jamur ini dapat membantu menghilangkan kelelahan sehingga badan lebih bugar.

Manfaat Lain. Sejumlah khasiat medis lain dari ekstrak G. lucidum adalah sebagai anti radang dan anti alergi, diabetes, gangguan pada usus, dan penambah daya tahan tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda