International Seminar “Sustainability and Profitability of Cacao in Indonesia”

1
340

 

 

DEPLANTATION.COM, BOGOR – International Seminar “Sustainability and Profitability of Cacao in Indonesia” merupakan sarana pertukaran informasi dari para akademisi di bidang perkebunan. Seminar internasional tersebut diselenggarakan oleh InterCAFE (International Centre for Applied Finance and Economics) Institut Pertanian Bogor bekerjasama dengan The Australia-Indonesia Centre, serta University of Sidney.

Hadir pula sebagai Key Note Speaker: Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Ir. Bambang, MM yang menyampaikan materinya dengan sangat menarik. Ir. Bambang, MM menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menepati urutan ketiga sebagai produsen terbesar kakao dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Namun, sangat disayangkan bahwa sampai saat ini produktifitas kakao di Indonesia masih di bawah standar, yakni hanya 500 kg/ha. Ir. Bambang, MM menambahkan bahwa, bila intensifikasi pertanian dilakukan dengan cukup baik, serta didukung oleh peningkatan mutu biji kakao, tidak mustahil untuk menjadikan kakao Indonesia sebagai primadona dunia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi panel dan diskusi, yang di bawakan oleh Prof. David Guest, Dr. Grant Vinning, Nunung Nuryartono, Ph.D dan Dr. Kim-Yen Phan-Thien. Sesi panel tersebut dikemas dengan sangat interaktif dan juga informatif. Pada akhir acara, diberikan pula ruang untuk berdiskusi dan tanya jawab terkait isu-isu yang telah dibahas. Seminar ini diharapkan dapat memberikan transfer pengetahuan terhadap komoditas kakao di Indonesia, baik dari aspek teknis maupun non-teknis.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda