Green Tea Powder dari PPTK Minuman yang Pas untuk Temani Hari Anda

0
387

Anda pasti sudah sering mendengar Matcha, minuman teh berwarna hijau dari Jepang dan China yang berukuran partikel kecil rata-rata sekitar mesh 400 atau lebih halus dari itu. Di Indonesia, Matcha lebih populer disebut Green Tea Powder, teh hijau berbentuk tepung ini tidak hanya memiliki nilai praktis dalam pemanfaatannya, namun ukuran partikelnya yang sangat kecil ini mampu menaikan tingkat absorpsi katekin.

Gamboeng Green Tea Powder dari PPTK Gambung, PT RPN

Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung memiliki dua varian produk green tea powder dengan kandungan antioksidan tinggi sebagai bahan baku industri pangan, kesehatan dan kosmetika. Varian pertama berbahan baku Camelia sinensis var. sinensis dari klon unggul GMBS terpilih dengan kandungan asam amino dan klorofil yang tinggi. Varian kedua berbahan baku Asamica dari klon unggul teh seri GMB pilihan yang memiliki total polifenol dan sebagai antioksidan sangat tinggi. Menariknya produk green tea powder dari PPTK Gambung memiliki rasa, aroma, warna dan ukuran partikel yang sama dengan produk matcha impor asal Jepang dan China, namun harganya hanya separuh dari impor yaitu hanya Rp. 400.000-500.00/ kg. Green tea powder dapat dimanfaatkan untuk produk pangan maupun non pangan seperti: produk kecantikan, kesehatan dan kosmetika.

Tepung Teh Green Tea Powder dari PPTK Gambung

Pengolahan green tea powder diawali dengan proses Pelayuan, penggulungan, dan pengeringan, kemudian dilanjutkan dengan penggilingan hingga ukuran partikel tehnya lebih halus dari 200 mesh. Hingga saat ini, green tea powder di PPTK masih diproduksi dalam skala laboratorium, dan alsin-nya masih dalam bentuk prototype. Agar dapat menghasilkan mutu yang tinggi, tepung teh hijau dibuat dari bahan baku pucuk teh petikan halus ditambah hingga daun ketiga atau keempat tanpa disertakan tulangnya. Selain itu, diperlukan perlakuan agronomis khusus terutama pengaturan naungan untuk meningkatkan klorofil, kecerahan warna dan asam amino di dalam pucuk/daun.

Teh Hijau yang Diseduh

Di awal tahun 2017, tepung teh hijau PPTK mulai diproduksi skala kecil dan mulai dipasarkan. Saat ini green tea powder produksi PPTK Gambung ini dapat dipesan langsung di Marketing PPTK Gambung atau dapat memesan melalui telpon. (022) 5928785, email: pemasaranpptk@gmail.com atau secretariat.pptk@gmail.com, serta dapat pula melalui website: www.gamboeng.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukkan komentar Anda
Mohon masukkan nama Anda